4 Prinsip hidup sehat menurut Islam dan Al Hadist

• Menjaga kesehatan

Dijaman sekarang ini banyak orang mencari kesehatan, bahkan kalo di dunia barat bagi mereka itu kesehatan adalah segala galanya, Makanan serba steril demikian pula pakaian dan yang lain nya. Mereka itu sangat memperhatikan sekali masalah kesehatan, akan tetapi sebetulnya kalo kita perhatikan islam lah yang paling memperhatikan tentang kesehatan. Siapa saja yang mempelajari sunah Nabi saw ia akan mendapatkan bahwa asal ataupun kaidah kaidah kesehatan itu sudah di ajarkan oleh Nabi muhamad saw. Liat saja bagai mana Nabi saw memperaktekan kesehatan dalam kehidupan sehari hari dalam tata cara makan, Allah swt memberikan kaidah kaidah kesehatan Allah berfirman :

“Makanlah dan minumlah dan jangan berlebihan.”

Dan nabi saw juga menjelaskan :

“Tidaklah anak adam mempenuhi bencana yang lebih buruk daripada perut nya, cukup lah bagi anak adam berapa suap saja untuk menegakan tulang punggung nya.”

Tetapi kalo dia harus makan juga kata Rasulullah sepertiga buat makan nya sepertiga buat minum nya sepertiga buat nafas nya. Siapa saja yang mempelajari hadist ini akan kita dapati beginilah cara makan yang sehat yang di anjurkan oleh Nabi saw. Karena salah satu Sebab munculnya penyakit karena dari makanan, dimana lambung ketika melebihi kapasitas nya dan selalu di isi dan di isi akibat nya lambung kita akan rusak, Ketika lambung rusak limpa rusak akan mempengaruhi organ organ tubuh yang lain nya di dalam tubuh kita, Diabetes dan yang lain nya.

Dalam cara tidur Nabi saw memberikan tata cara tidur yang paling paripurna sehat untuk badan Pertama Nabi saw itu tidur ketika di awal waktu malam, dan di waktu itu sangat di anjurkan untuk tidur karena apabila seseorang tidur terlalu larut malam itu akan mempengaruhi pekerjaan organ tubuh terutama jantung nya. Demikian pula hati nya sehingga orang yang senan tiasa tidur kemaleman kemaleman pasti akan menimbulkan berbagai macam penyakit tapi Nabi saw ternyata menganjurkan umat nya untuk tidur di awal malam. Makannya kata Rasulullah saw saya tidak suka tidur sebelum isya, dan tidak suka berbincang bincang setelah shalat isya.

Makannya Rasulullah saw menganjurkan umat nya untuk tidur di awal malam, dan berbicara kepada umat nya untuk tidur jangan terlalu larut malam. Dan itu tatacara hidup sehat kata Nabi saw beliau tidur di atas rusuk yang kanan, kenapa demikian karena kalo kita tidur di atas rusuk yang kiri maka itu akan sangat memperberat kerja jantung kita bahkan bisa jadi makanan makanan yang berada di dalam lambung kita bisa tumpah dan jatuh sehingga akhir nya dapat merusak kerja jantung itu sendiri, Maka rasulullah tidur di atas rusuk yang kanan.

Bahwa pokok kesehatan pada manusia itu ada tiga poros dan itu di tunjukan oleh Al-Quran dan Hadits :

• Menjaga setamina 

Adapun menjaga stamina maka itu di tetapkan oleh Al-Quran dan Hadits orang yang sakit di perbolehkan dia tidak berpuasa, karena untuk menjaga setamina nya sehingga tidak semakin lemah ketika menghadapi berbagai macam penyakit.

• Tidak mengkonsumsi makanan makanan yang dapat merusak tubuh

Allah mengharamkan arak dan mengharamkan semua yang dapat membahayakan tubuh misalnya mengkonsumsi racun dan lain nya. Maka disini Allah swt meletakan sebuah kaidah kaidah apabila ada sesuatu yang lebih besar bahaya nya daripada manfaat nya, maka lebih di kedepankan bahaya nya dan tinggalkan itu. Allah berfirman:

“Mereka bertanya kepada mu tentang arak dan judi, katakan pada nya ada dosa besar tapi ada manfaat manfaat nya bagi manusia tetapi dosa nya bahaya nya lebih besar daripada manfaat nya,”

Maka Allah haramkan arak ketika Allah haramkan arak karena mudarat nya lebih besar dan itu menunjukan kepada kaidah kaidah kesehatan. apa itu, jangan mengkonsumsi sesuatu yang dapat merusak tubuh kita, terkadang kita sangat tidak peduli dengan berbagai macam makanan yang kita masukan kedalam mulut kita itu sangat berbahaya atau tidak dan kita langsung memakannya dan asalkan kenyang kebanyakan nya.

Apalagi di jaman sekarang ini makanan itu banyak tercampur dengan bahan bahan kimia yang dapat merusak tubuh, otak dan lain nya. Bahkan di jaman sekarang ini banyak makanan yang di olesi dengan pemanis buatan, warna buatan dan lain lain.

• Berusaha untuk mengeluarkan dari tubuh kita unsur unsur yang bisa merusak

Dalil nya nabi saw berbekam untuk mengeluarkan darah yang panas dari tubuh kita. Karena itu bisa merusak tubuh maka di bekam, Nabi saw juga memperaktekan agar supaya muntah dan muntah sangat di anjurkan supaya zat zat yang dapat merusak tubuh kita bisa keluar dengan kita memuntahkan nya. Bahwa Nabi saw muntah terus berwudhu, Mengeluarkan zat yang rusak dari tubuh kita subhanallah ternyata kaidah kesehatan ini sudah di ajarkan oleh Rasulullah saw oleh sunah Rasul saw.

Cobalah bagi kita semua menconto kehidupan Nabi Rasulullah saw tentang kesehatan. Kemudian juga penyakit penyakit hati yang bisa mempengaruh kepada organ tubuh kita yang lain nya. Maka Rasulullah saw bersabar, tawaqal, jangan gampang marah, dan janagn terlalu banyak tertawa. Karena itu semua bisa dapat merusak anggota badan kita yang lain nya. Kata Rasulullah saw jauhi oleh kamu banyak tertawa karena itu bisa mematikan hati.

Dan itu benar orang yang banyak tertawa itu bisa mengeraskan jantung nya, sehingga berakibat akan merusak dan kebanyakan marah itu akan dapat merusak organ hati. Kemudian juga kalo banyak bersedih akan merusak organ limpa maka islam datang untuk ketika kesedihan datang kita serahkan kepada Allah minta jalan keluar agar tidak sedih lagi. Tawaqal kepada Allah swt biar tidak stres diri kita ini, disuruh berdzikir supaya hati kita tenang semua itu agar menjaga ke seimbangan tubuh.

Tetapi tujuan utama kehidupan itu untuk kehidupan Akhirat bukan kehidupan kita di dunia ini. Maka dari itu sunah Nabi yang satu ini harus kita terapkan dalam kehidupan sehari hari, siapa saja yang mempelajari sunnah Nabi pasti insya Allah dia akan sehat. Maka hidupkan lah sunnah Nabi, pelajari lah sunah Nabi selain itu bermanfaat untuk dunia mu dan yang paling utama adalah kehidupan akhirat kelak.

Dan itu beberapa tips kesehatan yang di ajarkan oleh Nabi kita semua agar selalu sehat palipurna menurut islam.

Tinggalkan komentar