9 Keutamaan Shalat Istikharah dan Keistimewaannya

Setiap manusia pasti memiliki masalah dalam hidupnya masing masing. Dalam masalah masalah tersebut terkadang kita dihadapkan dengan pilihan pilihan yang sangat sulit dan sangat memberatkan hati kita untuk memilihnya. Tentu karena hidup ini harus memilih yang paling terbaik, kadang-kadang kita harus benar benar jernih menundukan pikiran dan hati kita agar pilihan yang kita tetapkan adalah pilihan yang  benar-benar terbaik, tidak sekedar mengandalkan emosi dan egois saja.

Untuk ini, Allah memberikan solusi jika manusia dihadapkan dengan pilihan hidup yang sangatlah sulit, manusia hendaknya harus melakukan salah satu perintah Allah yaitu dengan shalat istikharah. Istikharah juga membantu kita Untuk menemukan jawaban atas semua masalah masalah yang dihadapinya. Tujuan dari istikharah ini bukan berarti manusia tiba tiba mendapatkan solusinya sendiri langsung terpecahkan seacara cepat dan selesai semua masalah masalahnya.

Karena Shalat Istikharah dapat membantu manusia untuk menenangkan diri sejenak keluar dari masalah sehingga masalahnya dapat diselesaikan dengan pilihan yang baik. Shalat istikharah juga dapat dilaksanakan kapanpun setiap saat bisa pada malam hari dan doa doa yang kita panjaktkan kepada Allah SWT.

Keutamaan Melaksanakan Shalat Istikharah

Ada Terdapat beberapa keutamaan shalat Istikharah yang bisa kita semua dapatkan jika kita melaksanakan dengan baik dan berniat. Berikut adalah 6 keutamaan dari melaksankan shalat istikharah saat terjadi delima dalam memilih.

1. Menyerahkan Hasil Kepada Allah Swt

Sekali kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan oleh Allah bagi kita. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah lah orang orang yang beriman harus bertawakal.”(QS At-Taubah: 51)

Dengan Shalat Istikharah kita akan benar benar berharap dan menyerahkan hasil yang terbaik kepada Allah swt. Untuk itu, Istikharah adalah untuk mengharapkan hasil yang benar benar sesuai dengan keridhoan Allah swt. Kadang kadang tanpa shalat dan menghadap kepada Allah juga, manusia selalu memaksakan diri untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan dirinya. Padalah segala sesuatu yang kita inginkan belum tentu itu yang terbaik.

Tanpa menyerahkan dan Bertawaqal kepada Allah, Biasanya manusia benar-benar akan memaksakan diri meraih yang sesuai dengan dirinya. Tetapi sebenarnya kita membutuhkan bimbingan dan petunjuk dari Allah swt, dan keterbukaan diri untuk bisa memilih mana yang paling terbaik. Untuk itu Istikharah sangat dibutuhkan bagi kita dalam memilih suatu pilihan.

2. Menenangkan Diri

Shalat Istikharah juga bisa menenangkan hati dan diri kita. Ketika kita mengalami suatu masalah dan harus mengambil pilihan, baik seacara tergesa gesa maupun tidak, tentu saja itu sangatlah tidak baik dan dapat membuat kita salah dalam mengambil pilihan. Justru yang di butuhkan saat memilih adalah dengan bagaimana kita mendapatkan hasil yang terbaik dan berpikir ketika pikiran kita dalam keadaan jernih tidak memikirkan apapun.

Justu kalo pikiran yang tidak tenang akan berdampak kepada hasilnya yang juga salah. Pilihan yang tepat dan benar dan baik tentu di hasilkan dari ketenangan diri dan kejernihan kita dalam berpikir. Saat tidak tenang, biasanya kita mengalami kepanikan dan terlalu tergesa gesa. padahal, jika kita menenngkan diri kita bisa lebih bijak melihat suatu masalah dan benar-benar terbuka. Untuk itu shalat istikharah sangatlah penting agar diri kita tenang dan lebih jernih lagi dalam mengambil suatu pilihan.

3. Memberikan Kemantapan Hati

“Sahabat bertanya: Apakah shalat itu wahai Rasulullah? Beliau menjawab : Tempat pengaduan yang paling baik. ”

Shalat Istikharah tidak tiba-tiba diberikan ketetapan oleh Allah dalam suatu pilihan. shalat Istikharah juga berfungsi untuk memberikan kita kemantapan hati atas pilihan yang telah kita tetapakn. Oleh karena itu shalat Istikharah tidak hanya dilakukan pada sekali saja. Tetapi Shalat Istikharah bisa dilakukan dalam waktu berkali-kali.

untuk itu dengan melakukan Istikharah dengan berkali kali, hal ini bisa memberikan kemantapan hati bagi kita yang masih kacau dan menghadapi dilema. Untuk itu, Istikharah ini bisa memberikan kita kemantapan hati jika benar benar dilakukan secara rutin dan menyerahkan semua masalah kepada Allah swt. Jawaban atas shalat Istikharah pun tidak selalu saat itu juga. Bisa kemudian hari dan petunjuk Allah bisa datang lewat mana saja, kapan saja, dan dimana saja.

4. Menjauhi Bisikan Syetan

Dengan shalat Istikharah kitapun bisa mencoba untuk menghindari bisikan bisikan syetan. Biasanya ketika kita menghadapi suatu masalah dan kecemasan hati, syetan sangatlah suka menggoda manusia dan membuat manusia melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan. Untuk itu, Shalat Istikharah membantu kita untuk menghindari bisikan bisikan syetan serta menjauhi dari adanya perbuatan maksiat.

Sebagaimana yang Allah sampaikan dalam Al-Quran bahwa shalat itu bisa menjauhi diri kita dari perbuatan keji dan munkar. dan segala bisikan bisikan syetan yang selalu menggoda manusia agar manusia menjauhi segala kebenaran dan segala kebaikan. Shalat Istikharah tentu sangat dibutuhkan jika kita ingin menjauhi segala godaan syetan yang terkutuk.

5. Memilih Dengan Pertimbangan Agama

“Sesungguhnya urusan itu seluruhnya ditangani Allah swt”. (Qs. Al-Imran : 154).

Ayat di atas menunjukan bahwa semua urusan ada di tangan Allah swt. oleh Karena itu sudah sepantasnya kita sebagai hambanya unutuk selalu meminta pertolongan agar apa yang sedang kita hadapi bisa terselesaikan dengan baik tanpa menimbulkan Hal apapun. Sama hanya seperti manfaat shalat tahajud, dalam kita mengerjakan shalat Istikharah kita juga senantiasa akan mendapatkan banyak manfaat dan keutamaan salah satunya adalah kita bisa memilih pilihan dengan pertimbangan Agama. Hal tersebut merupakan salah satu dari banyaknya manfaat shalat Istikharah yang bisa kita peroleh ketika kita mengerjakan nya sesuai dengan apa yang telah di contohkan.

6. Ikhlas dan lurus Hanya pada Allah

Kemudian manfaat shalat Istikharah yang selanjutnya adalah tentu saja akan lebih membuat kita bisa ikhlas dan lurus dalam menghadapi pilihan yang sulit hanya kepada Allah dan hanya untuk Allah swt. Dengan melakukan shalat Istikharah setidaknya kita sudah berusaha untuk menerima Apapun itu dengan hati yang lapang dan ikhlas. Karena dengan Shalat Istikharah kita benar benar menundukan hati kita.

Hal ini juga telah di jelaskan oelh Allah pada surat Asy-Syuara ayat  (217-219) yang artinya :

“Dan Bertawakalah kepada (Allah) Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang, yang melihat kamu ketika kamu berdiri (untuk shalat), dan (melihat pula) perubahan gerakan badanmu di antara orang-orang yang sujud.”

7. Mendapatkan Pahala

Telah di sampaikan melalui hadist sohih dari seorang Amr bin Auf bin zaid Al Muzaini yang menjelaskan tentang salah satu sabda Rasulullah saw yang berbunyi :

“Barangsiapa yang telah menghidupkan satu sunnah dari sunnah sunnah ku dan di amalkan oleh manusia, maka dia akan memperoleh pahala seperti orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikitpun”(HR. Ibnu Majah).

Oleh karena itu bagi kalian yang bisa melaksanakan shalat Istikharah, maka kalian akan mendapatkan ganjaran atau pahala dari Allah swt yang begitu besar. Dan hal tersebut merupakan salah satu dari manfaat shalat Istikharah yang akan kalian peroleh, yaitu akan mendapatkan pahala di luar pahala kita mengerjakan shalat wajib 5 waktu.

8. Menutupi Kekurangan Shalat Wajib

Keutamaan dan manfaat shalat Istikharah yang berikutnya juga bisa menjadi salah satu keberkahan untuk kita sebagai umat islam karena melaksanakan sebuah kewajiban. yang di mana di jelaskan bahwa shalat Istikharah juga bisa menjadi shalat penutup (pelengkap) shalat wajib yang telah ditinggalkan seorang muslim. Ini juga jelas tersiarat pada sebuah hadist dari Abu Hurairah yang menjelaskan bahwa Nabi Muhammad Saw pernah bersabda :

“Sesungguhnya amalan yang pertama kali akan di hisab atau di hitung pada manusia di hari kiamat kelak ialah shalat.” Allah swt berkata kepada malaikat nya dan dialah yang lebih tau.”

9. Terhindar Dari Dosa Musyrik

Sementara itu dengan masalah yang begitu membelit pada setiap manusia membuatnya kadang kadang lalai bahwa mereka memiliki Allah swt yang akan membantu menyelesaikan masalah tersebut. bahkan kadang kadang apabila iman kita tidak kuat akan membuat kita melencang jauh dari ajaran agama islam bisa melakukan hal hal bodoh termasuk musyrik. oleh karena itu perlu kita ketahui bahwa salah satu manfaat shalat Istikharah yang paling utama adalah membuat kita trrhindar dari dosa Musyrik yang mempunyai nilai dosa yang sangat besar. Hal ini jelas tertulis dalam surat Al-Baqarah ayat 186 yang artinya:

“Dan apabila hamba hambaku bertanya kepadaku tentang aku, maka (jawablah), bahwasannya aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepadaku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah ku) dan hendaklah mereka beriman kepada ku, agar selalu berada dalam kebenaran.”

Itulah beberapa keutamaan dan manfaat shalat Istikharah yang akan kita dapatkan ketika kita rutin mengerjakannya secara baik dan benar sesuai dengan adab shalat yang ada. Dan untuk waktu pengerjaan nya pun bisa kapan saja, namun jauh lebih baik apabila dikerjakan pada malam hari seperti tuntunan shalat tahajud.

Tinggalkan komentar