8 Keistimewaan dan Kemuliaan Bulan Ramadhan Bagi Kaum Muslimin

Selama berproses dalam menjalankan Ibadah tidak selalu dapat berjalan dengan mulus. Setiap kebaikan yang kamu sedang jalankan, sudah pasti ada saja macam macam ujiannya. Sama hal nya Seperti kamu berpuasa. Jadi kita harus selalu bersabar dan iklas jika ujian ujian itu datang kepada kita dan janganlah kita sampai mengeluh jika ujian ujian itu selalu datang kepada kita.

Namun siapa sangka, Ibadah dibulan Ramadhan itu memiliki beberapa keistimewaan keistimewaannya. Dibulan Ramadhan itu memiliki banyak sekali kelebihan dibanding dengan bulan bulan yang lainnya. Agar dalam menjalankan Ibadah di bulan suci Ramadhan 2020 nanti, kita semua harus bisa lebih baik lagi dari bulan Ramadhan Ramadhan yang sebelumnya.

Hal ini semua di harapkan agar keutamaan dan keistimewaan bulan Ramadhan, akan dijalankan dengan lebih semangat lagi dan tentunya semoga menjadi sangat lebih baik dari sebelumnya.

Inilah beberapa keistimewaan bulan Ramadhan sebagai berikut:

1. Malam Lailatul Qadar

Keistimewaan nya bulan Ramadhan yang pertama adalah tidak adanya malam yang lebih baik dari pada malam Lailatul Qadar. Dimana di malam itu hanya ada di bulan Ramadhan, jadi setiap harinya selama bulan Ramadhan, diwajibkan untuk melakukan amal ibadah agar dapat bertemu dengan malam yang penuh dengan kebaikan tersebut. Hal ini jelas bahwa kita harus menjalankan amalan amalan atau perbuatan perbuatan yang baik, yang wajib maupun yang sunnah.

Lailatul Qadar dalam Al-Quran digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Malam yang juga disebut malam seribu bulan adalah malam yang sangat mulia. Kita semua bisa mendapatkan berkah yang sama dengan seribu bulan. Hiasi malam Ramadan kita (terutama pada 10 hari terakhir) dengan lebih banyak untuk beribadah agar mendapatkan malam seribu bulan itu.

2. Bulan Diturunkannya Al-Quran

Bulan ramadhan adalah bulan yang sangat mulia. pada bulan ini, Al-Quran di turunkan oleh Allah swt. seperti yang disebutkan dalam surat Al-Baqarah ayat 185 :

“Bulan ramdhan adalah bulan yang di dalam nya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi semua manusia.”

3. Bulan Dikabulkannya Doa Doa

Bulan ramadhan juga merupakan waktu yang sangat baik sekali untuk berdoa, sebab di bulan ramadhan terdapat waktu yang sangat mustajab untuk kita berdoa. Tentunya doa yang kita lakukan itu haruslah iklas dan dengan adab adab yang baik.
Waktu yang sangat baik untuk berdoa di bulan ramadhan adalah saat waktu sahur, buka puasa, disepertiga malam yang terakhir, setelah shalat, dan juga ketika kita melakukan itikaf dan masih banyak lagi yang lainnya. sebab sepanjang hari orang yang berpuasa ialah hari yang penuh dengan kebaikan.

4. Setiap Amal dan Perbuatan Akan Dilipatgandakan

Setiap melakukan kebaikan pasti akan diganjar pahalanya. Terutama di bulan Ramadhan ini, setiap amalan dan Ibadah yang kamu lakukan nilai dan pahalanya akan berlipat ganda. Selain itu, ada banyak Ibadah dan amalan istimewa yang hanya ada di bulan Ramadhan ini, seperti shalat tarawih dan memberi makan orang-orang yang berbuka puasa, sehingga ada lebih banyak amal dan Ibadah yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pahala.

5. Bulan Yang Penuh Berkah

Bulan Ramadhan secara umumnya bisa dibagikan kepada tiga, iaitu 10 malam pertama, yang penuh dengan karunia Allah, 10 hari kedua dengan banyak istighfar (ampunan), dan 10 hari terakhir sebagai pembebas manusia dari api neraka. Dalam kata lain, setiap harinya selama sebulan penuh, sentiasa selalu ada rahmat atau berkah yang bisa kita dapatkan.

6. Pintu Kebaikan Dibuka

Keistimewaan bulan Ramadhan lainnya juga telah dijelaskan dalam riwayat oleh Bukhari dan Muslim, yaitu Apabila telah datang bulan Ramadhan, pintu-pintu langit dibuka, sedangkan pintu – pintu neraka akan ditutup, dan setan dibelenggu.
Ramadhan adalah bulan terbaik di mana kesempatan untuk berbuat amal kebaikan terbuka seluas luasnya dan tidak ada bulan dimana pintu kebaikan dibuka hingga seperti di bulan ramadhan dan memiliki banyak pahala seperti pahala sahur di bulan Ramadhan, pahala zakat di bulan ramadhan, dan berbagai kebaikan lainnya.

7. Bulan Terbaik Untuk Bersedekah

Rasulullah pernah bersabda bahwa waktu terbaik untuk bersedekah ialah pada dibulan Ramadhan. mengapa? Sebab dibulan Ramadgan kita semua bisa merasakan bahwa tidak semua orang mendapat kemudahan seperti yang kamu milki. Misalnya tidak semua orang punya uang untuk membeli makan, membeli baju baru, bahkan memiliki tempat tinggal yang layak. Jadi untuk kita semua yang merasa hidupnya bahagia atau layak janganlah sampai mengeluh karena diluar sana masih banyak orang yang nasibnya belum sama seperti kita, jadi kita harus tetap Bersukur gimanapun keadaannya.

Oleh karena itu, Sedekah yang dilakukan dengan sungguh sungguh akan membantu mereka yang kesusahan untuk bisa lebih jauh mendapatkan kesenangan dan kenyamanan dalam menjalani ibadah puasa. Tentu kamu juga senang jika melihat mereka Bahagia karena bisa makan lezat seperti kamu, bisa memakai baju baru, dan masih banyak yang lainnya.

8. Bulan pengampun dosa

Allah Swt akan mengampuni Dosa hambanya sebanyak apapun apabila kamu bersunguh sungguh bertaubat yang ikhlas dan mejalankan Ibadah puasa dibulan Ramadhan dengan ikhlas. Pintu kebaikan akan terbuka lebar, terutamanya dengan doa doa.

Hal ini juga telah dijelaskan dalam riwayat oleh Bukhari dan Muslim yang bermaksud:

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala, Maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

Tinggalkan komentar